Cara Mengatasi Obesitas Pada Anak

Cara Mengatasi Obesitas Pada Anak

Tips Kesehatan Anak Comments Off 82

Obesitas pada anak– tentu saja hal ini bisa terjadi. Obesitas tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasaja saja, anak – anak juga memungkinkan terjadinya obesitas yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak terjaga, makan makanan yang tidak sehat, dimana anak bisa memakan makanan yang tanpa batasan dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, dan juga bisa disebabkan oleh faktor hormone keturunan oleh orang tuanya, sehingga jika orang tua mengalami obesitas maka anaknya pun memiliki kemungkinan besar untuk menderita obesitas. Untuk mengatasi obesitas ini selain memilih jenis makanan yang sehat untuk anak, anda juga perlu menjaga pola hidupnya, hal ini bisa dilakukan dengan mengajarkan untuk sering berolah raga setiap pagi, dengan berolahraga setidaknya lemak dalam tubuh bisa terbakar dan akan terhindar dari obesitas atau kegemukan.

Cara mengatasi obesitas pada anakyaitu:

  • Konsumsilah makanan yang mengandung kalori sedikit saja
  • Berhenti atau kurangi ngemil
  • Membuat program untuk mengendalikan berat bada, mungkin bisa lakukan olah raga ringan secara rutin.
  • Merubah kebiasaan makan dengan makan perlahan – lahan yang nantinya secara rutin
  • Untuk orang tua atau kerabat tidak memberikan makanan sebagai hadiah, hal ini dapat memicu nafsu makannya bertambah
  • Mengontrol pola makan dan perlu menyeleksi makanan yang akan dikonsumsi dengan cara mengurangi makan makanan yang berlemak, hindari junk food dan fast food
  • Meningkatkan aktivitas fisik seperti berjalan dan merubah gaya hidup yang lebih aktif
  • Memiliki istirahat yang cukup, karena anak – anak yang kurang tidur pada usia 2 tahun lebih cenderung menjadi gemuk pada usia 7 tahun.

Perlu kita ketahui bahwa obesitas ini hal yang berbahaya, yang dapat merenggut nyawa anak kita kalau dibiarkan saja, oleh karena itu diperlukan peran orang tua untuk wapada dan selalu memperhatikan tumbuh kembangnya seorang anak, jangan biarkan anak anda untuk terus menerus jajan sembarang, karena hal ini juga dapat memicu terjadinya obesitas pada anak. Makanan terbaik sebagai untuk menghindari obesitsa p[ada anak adalah ASI ini untuk anak. Anak yang diberi ASI ekslusif selama enam bulan memiliki peluang yang kecil untuk kelebihan berta bada. Semakin lama anak diberi ASI semakin rendah pula peluang anak untuk obesitas.Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena ASI dan susu formula memiliki pengaruh yang berbeda terhadap metabolism pada bayi. ASI jelas memiliki pengaruh yang positif terhadap penyimpanan lemak. Dan juga dengan kita member ASI dan menunda memberikan makanan padat pada anak yang usia 3 – 5 tahun dapat mencegah obesitas atau kegemukan.Jadi ASI banyak membantu anda untuk mengurangi atau mencegah terjadinya obesitas pada anak.

Back to Top